Penyebab Terjadinya Kesemutan Pada Tubuh

Penyebab Terjadinya Kesemutan Pada Tubuh – Pernah menderita kesemutan? Ya rasanya seperti pegal dan agak menusuk-nusuk nyerinya. Kesemutan ini biasanya sering terjadi pada bagian tubuh misalnya adalah ujung jari kaki atau bisa juga pada ujung jari tangan, dan beberapa bagian tubuh lainnya. Penyebab terjadinya kesemutan pada tubuh bisa disebabkan karena saraf yang tertindih pada suatu daerah atau juga organ tubuh yang menyebabkan ujung sarafnya mengalami kelumpuhan.

Penyebab terjadinya kesemutan pada tubuh bisa saja disebabkan karena suatu gejala dari berbagai penyakti degenerative misalnya adalah gangguan liver, penyakit ginjal. Penyakit yang menimbulkan rasa kesemutan lainnya adalah penyakit anemia dan juga sistem kekebalan tubuh yang mengalami gangguan.

Penyebab Terjadinya Kesemutan Pada Tubuh

Penyebab Terjadinya Kesemutan Pada Tubuh

Penyebab Kesemutan

Penyebab terjadinya kesemutan pada tubuh juga bisa disebabkan karena kurangnya mengonsumsi vitamin B, dan juga vitamin B1. Biasanya jika Anda mengonsumsi suplemen atau ekstra tablet vitamin B1 maka keluhan dari gejala kesemutan ini akan hilang.

Namun yang perlu Anda ketahui, waspadalah pada gejala kesemutan yang terjadi dengan frekuensi yang lebih sering, karena bisa saja ini merupakan salah satu gejala awal dari penyakit stroke. Kesemutan juga merupakan salah satu gejala yang disebabkan karena penyakit varises. Penyakit ini biasanya terjadi saat cuaca sedang panas.

Lalu apa yang harus dilakukan untuk mengurangi dan mengatasi rasa kesemutan karena varises adalah dengan membasuh daerah yang mengalami kesemutan dengan menggunakan air yang dingin atau sejuk kemudian dipijat dengan lembut dengan menggunakan campuran dari kamper, mint atau juga dengan menthol. Caranya adalah dengan mengencerkan beberapa tetes minyak kamper dan juga mint ke dalam minyak almond.

Kamper bisa membantu untuk merangsang kulit dan melakukan tindakan untuk melancarkan keluarnya urin yang bisa membantu merangsang terjadinya peredaran darah. Sedangkan mint dan menthol bisa membantu untuk menyejukkan kulit dan memberikan efek yang lama.

Lakukanlah dibarengi dengan pemijatan, pijatan yang dilakukan secara terus menerus akan menyebabkan rasa sakit dan berat serta lelah pada kaki akan berkurang. Dan untuk membantu sebagai peringan efek yang menyejukkan minyak, simpanlah minyak tadi dan juga krim lainnya ke dalam kulkas.

Kesemutan yang terjadi hanya pada satu tangan saja disebabkan karena :

  1. Kesemutan sesaat
    Biasanya hany ini lebih sering disebabkan karena adanya suatu ganguan pada aliran darah yang mengasup oksigen menuju ke saraf tangan, dan hal ini bisa terjadi disaat seseorang tidur dalam keadaan miring dengan satu tangan yang posisinya tertindih pada badan. Kesemutan yang terjadi pada tangan dengan kasus ini biasanya akan hilang disaat tangan sudah terbebas dari tindihan.
  2. Kesemutan yang lama
    Hal ini bisa saja disebabkan karena adanya suatu cedera pada saraf, saraf yang terjepit dan mengalami stroke. Adapun jenis penyakit-penyakit atau juga kondisi yang berhubungan beberapa diantaranya adalah karena sarraf yang terjepit, trauma atau perlukaan, penyakit herpes zoster, tangan yang mengalami kesemutan dan terjadi akibat penyakit stroke, serta akibat penyakit tumor otak.

Sedangkan kesemutan yang terjadi pada kedua tangan biasanya dibarengi dengan kaki yang mengalami kesemutan, dan kebanyakan dari hal ini disebabkan karena suatu kerusakan saraf tepi atau neuropathy perifer. Hal ini biasanya disebabkan karena suatu gangguan penyakit yang lebih bersifat kepada sistemik dan bukan disebabkan karena lokal atau hanya terjadi pada sebagian saraf yang mengalami keterlibatan. Keadaan atau suatu penyakit yang menjadi salah satu penyebab kesemutan ini adalah :

  1. Penyakit diabetes
    Penyakit kencing manis dengan kadar gula yang tinggi dan tidak terkontrol lama kelamaan akan membuat saraf mengalami kerusakan pada saraf perifer yang biasanya ditandai dengan kesemutan yang terjadi, rasa baal serta kaki tangan yang akan lebih dingin.
  2. Penyakit sistemik
    Penyakit sistemik yang termasuk bisa menyebabkan kesemutan adalah gangguan sakit ginjal, penyakit hati, terjadinya kerusakan pada pembuluh darah, penyakit darah, amylodosis, dan gangguan jaringan ikat serta peradangan yang kronis. Terjadinya ketidakseimbangan pada hormon termasuk salah satunya adalah hypothyroidism dan juga penyakit kanker dan tumor jinak yang akan menimpa saraf.
  3. Kekurangan vitamin
    Vitamin E, B1, B6, dan B12 serta niasain merupakan salah satu kandungan vitamin yang sangat baik untuk fungsi dari saraf yang sehat. Jika kurang mengonsumsi vitamin B12, maka akan menyebabkan terjadinya penyakit anemia pernisiosa, dan merupakan salah satu penyebab utama dari neuropati perifer. Namun, terlalu banyak mengonsumsi B6 juga bisa mengakibatkan kesemutan yang terjadi pada tangan dan kaki.
  4. Alkoholisme
    Mereka yang mengonsumsi alkohol banyak dan berlebihan kemungkinan untuk mengalami kekurangan vitamin B1 atau penyakit beri-beri dan juga vitamin yang penting lainnya karena suatu keadaan diet yang buruk sehingga akan menyebabkan masalah neuropati perifer. Ada juga suatu kemungkinan dari minuman yang mengandung alkohol tadi bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada saraf.
  5. Racun
    Logam berat seperti timbal, arsen, merkuri, dan juga talium serta beberapa jenis bahan kimia yang lain dari industri dan lingkungan. Selain itu juga obat-obatan jenis tertentu dan paling utama adalah penggunaan obat-obatan kemoterapi yang biasanya banyak digunakan untuk penyakit kanker paru-paru, namun juga beberapa jenis obat antivirus dan juga obat antibiotik.

Penyebab Terjadinya Kesemutan Pada Tubuh


=====================================

>>> Propolis – Obat Kesemutan Mengatasi Berbagai Keluhan Kesemutan Secara Alami, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kesemutan and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *