Kesemutan Pada Kaki

Kesemutan Pada Kaki -Hampir semua orang pernah merasakan kesemutan, mulai dari anak-anak, dewasa, bahkan orangtua sekalipun. Biasanya kesemutan dialami bila duduk bersila terlalu lama, tertidur dengan tangan tertindih kepala, jongkok, mengetik dan lain sebagainya.

Kesemutan Pada Kaki

Kesemutan Pada Kaki

Kesemutan Pada Kaki

Kesemutan Pada Kaki seringkali dianggap sepele, padahal bila kesemutan yang anda alami  bukan dikarenakan salah satu hal diatas, maka jangan sepelekan gejala yang satu ini karena kesemutan dapat menjadi indikasi dari berbagai penyakit, misalnya diabetes mellitus, hipertensi, saraf terjepit, gangguan aliran darah pada pembuluh darah tepi, maupun gangguan darah. Kesemutan bisa menjadi warning, adanya gangguan kesehatan yang serius.

Kesemutan adalah parathesia. Parathesia adalah sensasi pada permukaan tubuh tertentu.yang tidak di picu rangsangan dari dunia luar (sensasi muncul spontan tanpa ada stimulus).

Kesemutan Pada Kaki terjadi jika saraf dari pembuluh darah mengalami tekanan yang terus menerus dalam waktu yang lama, hal ini menyebabkan aliran darah ke saraf tertentu menjadi terhambat, sehingga saraf mengalami kekurangan makanan sesaat yang ditandai dengan kesemutan. Umumnya kesemutan akan mereda jika bagian tubuh yang mengalaminya digerakkan. Namun bila kesemutan tak hilang setelah bagian tubuh digerakkan atau yang semula hanya dialami oleh bagian tubuh tertentu misalnya kaki kemudian merambat ke bagian yang lebih luas atau bila terjadinya sering, kemudian timbul rasa kebal sebaiknya segeralah konsultasikan ke dokter. Kesemutan dengan gejala seperti ini merupakan gejala penyakit serius.

 Komplikasi Kesemutan

Anda harus tahu lebih dalam mengenai kesemutan, karena jika kesemutan yang tidak bisa hilang dengan sendiri, maka hal ini bisa saja menandakan dari adanya suatu gejala penyakit, misalnya adalah seperti penyakit tumor otak. Gejala penyakit tumor otak ini merupakan salah satu tanda atau gejala dari kesemutan, ras yang tebal dan juga baal yang terasa dibagian kaki yang terus menjalar dan menjalar menuju ke atah betis, kemudian ke lutut dengan intensitas dan juga frekuensi yang semakin lama semakin tinggi. Penderita biasanya lambat laun juga akan merasakan kedua kakinya akan terasa lumpuh.

Kesemutan di kaki bisa saja menunjukkan beberapa tanda dari penyakit dibawah ini :

  1. Rasang sumsum tulang belakang atau penyakit mielitis
    Biasanya hal ini terjadi pada orang dewasa, dan terkadang gejala dari kesemutan diawali dari flu berat. Kesemutan yang dirasakan biasanya akan semakin hebat, naik dari arah ujung kaki sampai menuju ke pusar. Gejala yang berkembang kemudian akan menjadi lebih tebal pada bagian permukaan kulit. Setelah fase ini, biasanya penderita akan lebih susah untuk berkalan, ini merupakan salah satu gejala dari radang sumsum tulang belakang yang biasanya disebabkan karena virus yang bernama cytomegalovirus atau CMV. Penderita penyakit ini biasanya tidak bisa mengendalikan buang air kecil dan buang air besar. Penyakit ini bisa disembuhkan secara total, dan bisa sembuh pada sebagian tubuh saja namun ada juga yang mengalami kelumpuhan.
  2. Penyakit kencing manis atau diabetes
    Kesemutan di kaki yang terjadi bisa saja merupakan salah satu tanda atau gejala penyakit diabetes. Kesemutan yang terjadi pada penyakit diabetes adalah salah satu bentuk suatu kerusakan yang terjadi pada pembuluh darah. Hal ini mengakibatkan darah yang mengalir pada ujung saraf akan semakin berkurang. Gejala yang biasanya dirasakan adalah telapak kaki yang terasa lebih tebal, dan kadang juga akan terasa lebih panas. Serta kesemutan pada ujung jari kaki yang terjadi secara terus menerus. Kemudian akan disertai dengan rasa sakit atau rasa nyeri yang semakin menghebat, misalnya seperti sedang di tusuk-tusuk pada ujung telapak kaki dan terjadi paling sering dimalam hari.
  3. Carpal Tunnel Syndrome (CTS)
    Kesemutan yang biasanya lebih sering menyerang ujung jari dan biasanya terjadi pada tangan kanan, kemudian lama kelamaan akan berkembang menjadi rasa tebal saat sedang melakukan aktivitas adalah salah satu gejala dari penyakit CTS. Gejala kesemutan yang terjadi ini berhubungan dengan rongga pada pergelangan tangan atau karpal yang mengalami terjadinya pembesaran pada otot sehingga akan menekan saraf yang masuk pada terowongan tadi. CTS bisa sangat mengganggu dan bisa menjadi salah satu gangguan yang lebih serius jika tidak diatasi dengan benar dan didiamkan lebih lama  misalnya 1-2 tahun. Untuk tahap ini, maka tekanan pada otot sudah mengganggu aliran darah pada tangan, dengan menyebabkan otot-otot yang mengalaminya mengalami kerusakan pada nutrisi yang akan semakin mengecil dan bisa membuat otot menjadi lebih lemah.Untuk orang dewasa, terkadang kesemutan ini biasanya diawali dengan penyakit flu berat. Dan kemudian kesemutan akan menjadi semakin hebat lagi, naik mulai dari ujung jari yang menjalar sampai menuju ke arah pusar. Gejalanya kemudian berkembang menjadi rasa yang tebal, lalu setelah itu penderita akan lebih sulit unutk berjalan. Jia terjadi infeksi dibagian tulang belakang, dan juga pusar kebawah yang tidak bisa digerakkan. Penderita tidak bisa mengontrol atau mengendalikan buang air kecil. Dan buang air kecil lama kelamaan juga akan semakin sulit untuk dilakukan. Penyakit ini disebut dengan istilah Mielitis atau radang sumsum tulang belakang. Dan semua ini tergantung dari terjadinya kerusakan pada penyakit yang bisa sembuh total namun bisa juga terjadi kelumpuhan.

Kesemutan Pada Kaki


=====================================

>>> Propolis – Obat Kesemutan Mengatasi Berbagai Keluhan Kesemutan Secara Alami, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kesemutan and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>