Keluhan Kesemutan

Keluhan kesemutan bisa hanya pada jemari tangan, bisa juga pada jemari kaki, atau seluruh anggota gerak. Pada ibu rumah tangga sering sebab kurang lancer dan derasnya aliran darah sampai ke ujung-ujung jemari. Maka, dengan  upaya yang lebih memperlancar aliran darah, dengan cara lebih bergiat fisik, dan sering menggerak-gerakkan telapak tangan keluhan biasanya sudah teratasi. Tidak jarang penyebabnya lantaran kekurangan vitamin B, khususnya vitamin B1. Jika dengan minum ekstra tablet vitamin B1 keluhannya mereda, berarti memang itu penyebabnya.  Namun bagi yang mengidap  kencing manis, keluhan kesemutan merupakan bagian dari gejala diabetesnya. Termasuk bila keluhan kesemutannya disertai dengan rasa panas dan nyeri diujung-ujung jemari.

Keluhan Kesemutan

Keluhan Kesemutan

Keluhan Kesemutan

Keluhan kesemutan yang beresiko  terserang stroke, anatara lain apabila mengidap darah tinggi, kolesterol darah tinggi , atau kencing manis, kemungkinan keluhan kesemutan sebagai tanda permulaan stroke. Biasanya kesemutannya hanya mengenai salah satu sisi tubuh saja. Kalau bukan tangan atau kaki sisi kiri, tentu sisi yang kanan saja.  Keluhan kesemutan adalah perasaan pegal dan nyeri yang menusuk-nusuk. Kesemutan kerap terjadi pada ujung jari kaki maupun ujung jari tangan juga.  Kesemutan sendiri dapat disebabkan oleh tertindihnya saraf disuatu daerah atau organ tubuh sehingga ujung saraf tersebut menjadi lumpuh.

Keluhan kesemutan sebenarnya adalah peristiwa normal, jika anggota gerak tubuh (kaki atau tangan) tertekan terlalu lama, maka aliran darah yang mengalir ke angora gerak tersebut menjadi kurang lancer, sehingga akan mucnul rasa kebas, selain kesemutan. Ini terjadi karena serabut saraf pada bagian tersebut mengalami gangguan. Kesemutan juga terjadi jika saraf-saraf pada anggota tubuh menurun fungsinnya. Biasanya kondisi ini terjadi karena kekurangan vitamin B kompleks. Tak saja merasa kesemutan sering kali juga disertai rasa tidak enak diujung jemari bahka n bisa sampai terasa oanas seperti terkena air cabai. Keadaan ini disebut neuritis perifer. Ujung-ujung jemari tidak enak, termasuk mengalami kesemutan, meskipun tangan atau kaki tidak tertekan, terjepit, ataupun terhambat aliran darahnya.

Pada orang yang lebih tua, kesemutan bisa berarti lain. Mungkin bagian dari gejala awal penyakit stroke. Kesemutan yang hanya  terasa pada satu atau dua jemari saja, bisa jadi mencerminkan sudah terjanidnya gangguan berupa sumbatan pada bagian otak tertentu, yang menjadi awal dari serangan sebelum stroke muncul. Pada pasien yang sudah lama mengidap penyakit diabetes, mungkin bisa muncul keluhan kesemutan juga. Aliran darah di ujung-ujung jemari sudah tidak berfungsi normal karena pembuluh darah rambut di ujung-ujung jemari sudah tidak utuh sebagai akibat dari komplikasi diabetes (gangguan microcirculation).

Penyebab Kesemutan

Mungkin Anda mempertanyakan mengapa kita bisa mengalami kesemutan? Kesemutan bisa disebabkan karena adanya suatu ganguan pada fungsi serabut saraf. Gangguan yang terjadi ini bisa saja mengenai sistem saraf tepi dan bisa mengenai sel saraf yang letaknya berada di sumsum tulang, atau bisa juga mengenai daerah sepanjang saraf tepi. Pada awalnya keluhan kesemutan hanya akan terasa dibagian ujung jari dan setelah itu akan mengalami peningkatan berubah menjadi rasa sak atau nyeri seperti terbakar.

Sifat kesemutan terbagi menjadi 3 yakni adalah :

  1. Polineuropati
    Untuk kondisi ini terjadinya gangguan pada saraf yang terjadi di beberapa serabut saraf dan lebih sering terjadi di bagian ujung saraf yang paling panjang. Biasanya kesemutan diawali dari ujung jari kaki atau juga dari ujung jari tangan dan kemudian akan naik atau merambat ke arah atas. Polineuropati ini mempunyai sifat simetris yang biasanya lebih berarti dan selalu mengenai ke bagian tubuh ke kiri atau juga kanan.
  2. Mononeuropati
    Dalam keadaan yang seperti ini terjadinya gangguan saraf bisa terjadi hanya dibagian satu saraf saja. Dan penyebaran yang lebih mirip dengan polineuropati yang berbeda dengan kasus mononeuropati hanya menyerang ke bagian satu tubuh saja, misalnya adalah bagian kanan saja sedangkan sebelahnya tidak mengalami.
  3. Radiulopati
    Dalam keadaan ini, gangguan yang terjadi biasanya dimulai dari sel saraf yang letaknya pada sumsum tulang belakang dan sampai ke arah pangkal serabut saraf tadi atau sampai menuju ke arah akar serabut saraf tadi. Kerusakan yang terjadi ini sering disebabkan karena gangguan pada imunologi. Gangguan yang muncul juga bervariasi dan penyebaran yang terjadi juga tidak mempunyai pola yang lebih khusus. Ini disebabkan karena saraf serta sumsum tulang belakang bisa merambat kemana saja.

Jika Anda mengalami kekurangan asupan vitamin B1, vitamin B6, dan juga vitamin B12, maka kemungkinan Anda mengalami masalah kesemutan akan lebih sering. Dimana vitamin ini biasanya paling banyak ada di dalam sayur serta buah-buahan. Jadi ada asuatu kemungkinan pada penderita kesemutan kurang mengasup makanan seperti buah dan sayur. Anda bisa mengonsumsi pemberian vitamin yang sifatnya neurotropik atau jjuga vitamin untuk persyarafan yakni adalah seperti vitamin B1, vitamin B6, dan vitamin 12 tadi. Pemberian dari vitamin ini bermanfaat untuk membantu mempertahankan sistem saraf tepi yang mengalami gangguan agar tidak mengalami kerusakan dan keluhan kesemutan akan lebih mudah hilang.

Penyebab dari kesemutan juga bisa diakibatkan dari gangguan metabolisme. Gangguan pada metabolisme yang biasanya sering mengakibatkan terjadinya kesemutan dan baisanya disebabkan karena adanya suatu penyakit kanker.

Keluhan Kesemutan


=====================================

>>> Propolis – Obat Kesemutan Mengatasi Berbagai Keluhan Kesemutan Secara Alami, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kesemutan and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>