Penyebab Kesemutan

Penyebab Kesemutan – Kesemutan adalah gejala yang bisa dialami oleh siapa saja, kondisi ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. Kesemutan atau dalam bahasa medisnya disebut dengan parestesia adalah sensasi pada permukaan tubuh tertentu yang tidak dipicu rangsangan dari dunia luar. Sebenarnya parestesia adalah sensasi rasa dingin atau panas di suatu bagian tubuh tertentu, atau sensasi rasa dirambati sesuatu. Parestesia itu timbul bila terjadi iritasi pada serabut saraf yang membawa sensasi kesemutan.

Penyebab Kesemutan

Penyebab Kesemutan

Keluhan kesemutan bisa hanya pada jemari tangan, bisa juga pada jemari kaki, atau seluruh anggota gerak. Pada ibu rumah tangga sering terjadi. Hal ini dikarenakan kurang lancar dan derasnya aliran darah sampai ke ujung-ujung jemari. Maka, dengan upaya lebih memperlancar aliran darah, dengan cara lebih bergiat fisik, dan sering menggerak-gerakkan telapak tangan keluhan biasanya sudah teratasi.

Gejala-Gejala Kesemutan

Namun bila kesemutan tidak hilang setelah bagian tubuh digerakkan, atau semula hanya dialami sebagian kecil organ tubuh namun kemudian merambat ke bagian yang lebih luas; atau bila semula hanya terjadi sekali-sekali dan menjadi kian sering; atau bila kesemutan menjadi rasa kebal, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Kesemutan jenis ini merupakan gejala penyakit serius.

Dokter akan menyelidiki bagian tubuh yang mengalami kesemutan, luasnya, tempat awal kesemutan, dan perkembangan kesemutan itu sejak awal. Semua informasi ini akan menunjukkan penyebab masalah. Bisa jadi pada saraf tepi, pada otot, sumsum tulang belakang, atau bahkan otak.

Penyebab Kesemutan

Tidak jarang penyebabnya lantaran kekurangan vitamin B, khususnya vitamin B1. Jika dengan minum ekstra tablet vitamin B1 keluhannya mereda, berarti memang itu penyebabnya.

Namun, bagi yang mengidap kencing manis, keluhan kesemutan merupakan bagian dari gejala diabetesnya. Termasuk bila keluhan kesemutannya disertai dengan rasa panas dan nyeri di ujung-ujung jemari

Kesemutan pada yang beresiko terserang stroke, antara lain apabila mengidap :

Kemungkinan Penyebab Kesemutan sebagai tanda permulaan stroke. Biasanya kesemutannya hanya mengenai salah satu sisi tubuh saja. Kalau bukan tangan atau kaki sisi kiri, tentu sisi yang kanan saja.

Kesemutan Akibat Varises

Untuk menghindari atau mengobati kesemutan akibat varises, terutama ketika cuaca sedang panas, cobalah agar kaki dan kulit tetap sejuk dan terhidrasi. Apabila merasakan kesemutan atau hangat, basuhlah daerah tersebut menggunakan air sejuk dan kemudian pijatlah dengan lembut menggunakan kamper, mint atau menthol : encerkan beberapa tetes minyak kamper dan minth atau menthol ke dalam minyak almond. Kamper merangsang kulit dan bertindak sebagai pelancar keluarnya urin yang merangsang sirkulasi darah. Mint dan menthol membantu mendinginkan kulit dan memiliki efek lama. Memijat dengan menambahkan minyak ini pada minyak dasar tidak hanya membantu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit, namun juga membantu agar kulit terhidrasi. Dengan penggunaan terus-menerus, rasa berat dan lelah pada kaki akan berkurang. Untuk meringankan efek menyejukkan dari minyak, simpanlah minyak tersebut dan krim lainnya di dalam lemari pendingin.

Selain akibat penyebab kesemutan diatas, penyebab kesemutan yang lain adalah :

  1. Rangsangan listri terhambat
    Kesemutan pada dasarnya adalah suatu gejala dari gangguan yang terjadi di sistem saraf sensorik yang terjadi akibat dari rangsangan listrik di dalam sistem tersebut tidak bisa tersalurkan dengan baik dan dengan penuh. Yang paling sederhana adalah bahwa jalan darah yang tertutup akibat dari satu bagian tubuh tertentu yang ditekuk atau juga ditekan dengan waktu lama.
  2. Gangguan hormon
    Gangguan yang terjadi pada tingkat hormon yang bisa mengakibatkan terjadinya pembengkakan di kaki dan juga bagian ankie atau bagian pergelangan kaki yang akan memicu terjadinya tekanan pada saraf. Selain itu, pembengkakan juga akan membuat aliran darah menuju ke otot mengalami gangguan yang bisa menyebabkan terjadinya kram dan suatu penumpukkan pada asam laktat dan buruknya oksigenasi yang terjadi.
  3. Kurang kalsium
    Kekurangan asupan kalsium akan membuat terjadinya kesemutan. Kalsium adalah salah satu jenis mineral yang sangat penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan kontraksi otot dan juga transmisi pada saraf. Selain itu kekurangan kalsium akan membuat kram otot dan terjadi kesemutan, namun kemungkinan juga merupakan salah satu tanda dari penyakit gagal ginjal, kurangnya vitamin D, dan hipoparatiroidisme atau terjadinya penurunan fungsi kelenjar paratiroid.
  4. Cedera
    Penyebab kesemutan yang lainnya adalah karena cedera atau akibat kram dan trauma kompresi saraf yang terjadi disebabkan karena seseorang mengalami suatu kecelakaan pada cedera tulang belakang atau mengalami patah kaki. Bekas luka yang terjadi pada sekitar saraf dan juga arthritis pada tulang belakang atau juga pada kaki yang akan memicu terjadinya sensasi tidak normal dan terjadinya kejang pada otot selama setahun kemudian.
  5. Rheumatoid arthritis
    Menurut salah satu penelitan, Rheumatoid arthritis ini terjadi pada pergalngan kaki yang bisa menyebabkan bagian tarsal tuneel syndrome. Tekanan yang terjadi dari dekatnya pembengkakan akan membuat pemicu kesemutan yang terjadi di kaki. Sebaiknya usahakan agar kaki Anda tetap terangkat ke atas untuk meringankan gejala yang muncul. Namun, pada kasus rheumatoid kronis, dokter biasanya akan menyarankan penderita untuk melakukan operasi.

Penyebab Kesemutan


=====================================

>>> Propolis – Obat Kesemutan Mengatasi Berbagai Keluhan Kesemutan Secara Alami, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kesemutan and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Penyebab Kesemutan

  1. Haryuni says:

    Makasih solusinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>