Gejala dan Tanda Kesemutan

Kesemutan bisa juga awal dari gejala penyakit serius. Jika sering mengalami kesemutan dan kemudian berkembang menjadi rasa tebal dan baal pada jarinya, segera periksakan ke dokter

Gejala kesemutan ini disebut dengan carpal tunnel syndrome (CTS). Sesuai namanya, gejala ini berkaitan dengan terowongan di pergelangan tangan (karpal). Karena kegiatan tangan yang aktif, otot-ototnya membesar sehingga menekan saraf yang melewati terowongan di pergelangan tangan. Hal ini yang menyebabkan terjadinya kesemutan.

Gejala di terowongan karpal ini juga umum terjadi pada para lansia penderita rematik. Dalam hal ini, saraf terjepit bukan akibat pembesaran otot melainkan sendi di pergelangan tangan berubah bentuk. Jika kasusnya seperti ini, dokter tentu tidak cukup dengan memberikan solusi yang sederhana. Operasi dapat dilakukan oleh ahli bedah saraf untuk mengendurkan saraf yang terjepit itu dan memperlebar terowongannya. Namun, jika rematiknya dapat diobati, tindakan operasi tidak diperlukan.

CTS bisa menjadi gangguan lebih serius jika didiamkan cukup lama, misalnya 1-2 tahun. Pada tahap ini jepitan sudah mengganggu aliran darah ke tangan, dengan akibat otot-otot yang kekurangan makanan jadi mengecil. Mengecilnya otot membawa akibat tenaga otot menjadi berkurang. Barangkali ibu jari atau jari lain menjadi lemas. Tentu dibutuhkan tindakan operasi untuk membebaskan terowongan terjepit tadi. Meski operasi kecil, karena menyangkut saraf, pasien tetap harus dibius. Hanya saja, setelah operasi butuh waktu lama untuk memulihkan kondisi tangan, karena otot yang telah terlanjur mengecil itu membutuhkan latihan agar membesar dan kembali kuat.

Umumnya seseorang mengalami kesemutan akibat :

- Posisi tubuh tertentu yang membuat saraf terjepit
- Duduk di lantai dengan kaki dilipat untuk waktu lama
- Ketiduran saat nonton TV pada posisi tidur yang tidak benar

Tetapi bila bagian tubuh itu dikibas-kibaskan atau digoyang-goyangkan, kesemutannya akan hilang. Namun ada pula kesemutan yang tidak hilang sendiri.

Pada dasarnya kesemutan merupakan suatu gejala manifestasi dari gangguan sistem saraf sensorik akibat rangsang listrik di sistem itu tidak tersalur secara penuh dengan sebab macam-macam. Yang paling sederhana, misalnya, jalan darah tertutup akibat satu bagian tubuh tertentu ditekuk terlalu lama. Pada orang sensitif, tidur miring terlalu lama saja dapat menyebabkan kesemutan. Juga duduk dengan siku ditekuk.

Sistem saraf sensorik mempunyai prosedur kerja baku. Stimulus berupa sentuhan, tekanan, rasa sakit, dan suhu panas atau dingin diterima oleh reseptor di kulit, yang lalu dikirimkan ke saraf tepi, lalu masuk ke dalam susunan saraf pusat di sumsum tulang belakang. Di sini stimulus diteruskan ke atas sampai ke thalamus (pusat penyebaran utama impuls-impuls sensoris). Dari sini stimulus dikirimkan ke kulit otak (cerebral cortex). Baru pada saat inilah apa yang dirasakan tadi disadari oleh si individu.

Jika ada gangguan dalam jalur sensori baku tadi, timbullah kesemutan. Kesemutan yang tidak disertai gejala-gejala lain biasanya menandakan adanya gangguan pada reseptor di kulit atau pada cabang-cabang saraf tepi. Namun kita mesti lebih waspada jika ada gejala lain di luar kesemutan. Bukan hanya kelumpuhan, kesemutan bisa juga disertai gangguan penglihatan, pendengaran, gabungan keduanya, atau lainnya. Jika ada tumor di otak selain gejala kesemutan atau tebal tadi, ada juga sakit kepala, muntah-muntah, dan kelumpuhan kecil.

Kesemutan sebagai bagian dari gejala penyakit sebenarnya tahap paling awal dari suatu proses kehilangan rasa. Kalau tahap paraesthesia sudah terlampaui, penderita meningkat pada hypaesthesia (baal) sampai akhirnya mengalami anaesthesia (hilang rasa sama sekali).

Kesemutan memang gejala amat penting. Kalau gejala kesemutan itu makin lama makin berat, intensitasnya makin tinggi, bidang cakupannya makin luas dan frekuensinya makin sering, segeralah periksakan diri ke dokter.

Maka bila kesemutan tidak hilang hanya dengan dikibaskan, bila tadinya hanya terasa di dua jari kemudian di semua jari, lalu merambat ke tangan; bila tadinya hanya terjadi sekali-sekali namun kini hampir tiap hari, atau bila kesemutannya telah meningkat menjadi baal, sebaiknya diperiksakan ke dokter.


=====================================

>>> Propolis – Obat Kesemutan Mengatasi Berbagai Keluhan Kesemutan Secara Alami, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kesemutan and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>